Jumat, 22 Januari 2010

Filled Under: ,

Rasa Malas

[kung_fu_panda_movie_image.jpg] 

Malas masih menjadi masalah dalam kehidupan sehari², dari hal kecil sampai dengan hal besar termasuk kemajuan suatu negara dipengaruhi oleh rasa malas.
Sebenarnya rasa malas dapat meningkatkan stamina tubuh karena dalam hal ini sang pemalas tidak akan melakukan aktivitas, sehingga tidak mengeluarkan energi yang banyak.
Malas sendiri dapat diartikan keengganan seseorang untuk melakukan aktivitas yang sebaiknya ia lakukan.
Akan tetapi terkadang rasa malas itu justru timbul dikarenakan ketidak cukupan zat dan bahan dalam tubuh kita, nah simak penjelasannya sebagai berikut:



  1. Kurang nutrisi
    kurang nutrisi menjadi salah satu penyebab rasa malas hal ini dikarenakan setiap sel dalam tubuh kita memerlukan energi untuk melakukan aktivitas, terutama glukosa yang merupakan zat yang nantinya akan dirubah menjadi bahan energi utama dalam tubuh. so, jika sel kita kekurangan energi otomatis tubuh kita akan menjadi lemas dan memicu datangnya rasa malas.
  2. Kekurangan oksigen
    Dalam melakukan metabolisme, tubuh melakukan oksigen (O2) untuk melakukan pembakaran, dalam hal ini otak juga memerlukan oksigen untuk bekerja, reaksi yang ditimbulkan otak bila kekurangan oksigen yaitu dengan menimbulkan rasa mengantuk, so wajar kan jika kamu seharian bekerja dan memerlukan aktivitas dan metabolisme yang tinggi akan sering menguap sesudahnya, karena menguap merupakan salah satu mekanisme dari tubuh kita untuk mengambil oksigen dalam jumlah yang besar... (hoaem... jadi nguap juga...) hal ini pun dapat memicu datangnya rasa malas. (yang baca artikel ini sambil nguap, he.. sEmanGat...!!!)
  3. Kekenyangan
    lho, kok kekenyangan dapat menjadi sumber malas, kekenyangan bukan hanya menambah beban kita dalam membawa berat tubuh, melainkan meningkatkan metabolisme sel yang mencerna dan menyerap makanan, nah hal ini dapat meningkatkan keperluan oksigen tubuh kita, so, ngantuk lagi... n malas lagi... bubu...bubu...bubu...
  4. Psikologis
    Dalam hal ini psikologis merupakan penyebab utama malas. pengaruh dari lingkungan luar, contoh pengaruh teman, waktu yang tidak tepat, mati lampu, merasa terasing dll. selain itu pengaruh dari dalam sendiri misalnya nuansa hati yang sedang bosan, menunda suatu pekerjaan, dalam keadaan tertekan, merasa lemas, merasa tidak mampu, yang dikerjakan tidak sesuai dengan keinginan dll.
Nah cuma segitu yang saya tau tentang penyebab rasa malas... dan karena sekarang kita sudah tau, tidak ada salahnya kalau kita mencoba hal-hal baru dan unik untuk mengusir rasa malas...
nah disini saya memberikan sedikit tips untuk teman-teman yang cenderung punya sifat malas.
  1. Jangan menunda hal yang sudah kita rencanakan.
    contoh paling sederhana adalah ketika kita mendengarkan adzan maka sesegera mungkinlah untuk mengambil air wudhu dan sholat.
  2. Baca Bismillah
    Dalam hal ini menambah keyakinan dan mengurangi bahkan menghapus keraguan dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu, bahkan seorang maling pun terkadang mengucapkan bismillah agar dia yakin dalam melakukan aksi kejahatannya, so hal ini dapat menghilangkan penyebab malas no.4... (buat yang suka maling kalau udah baca bismillah inget yang diatas ya...)
  3. Tarik Nafas Dalam
    sesuai dengan yang penyebab malas diatas, so tiap kita menarik nafas dalam maka tubuh akan tersuply oksigen dengan cukup banyak hal ini dapat menigkatkan metabolisme dan ini membuat kita menjadi semangat. lakukan hal ini beberapa kali sampai kita merasa segar.
  4. Kontrol Porsi Makan
    Kita sering mendengar istilah makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang, ternyata hal ini sangat bermanfaat selain dapat meningkatkan kesehatan, hal ini akan mengurangi rasa malas dikarenakan terjadi keseimbangan antara yang dikerjakan sel tubuh kita untuk mencerna dan energi yang masuk.
  5. Kunyalah Makanan Sebanyak 32 x
    Hal ini pun sering kita dengar namun jarang sekali kita lakukan, hal ini selain dapat menjaga lambung kita terutama yang mempunyai magh, ternyata dapat meningkatkan kesabaran dan kedisplinan kita, selain itu makanan yang telah benar-benar halus akan sangat mudah diserap tubuh kita sehingga pemenuhan nutrisi dalam tubuh kita pun akan tercukupi.
  6. Istirahat yang Cukup
    sesuai dengan penyebab ras malas no.2 maka istirahat yang cukup akan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh kita secara merata, hal ini jelas dapat mengurangi rasa malas.
  7. Semangat
    Semangat disni tentu dong semangat yang kita buat sendiri, semangat sangat dapat menghilangkan rasa malas, karena hal ini akan meningkatkan emosional pikiran kita, hal ini meningkatkan pula metabolisme dan asupan oksigen ke dalam tubuh kita jadi hilang deh rasa malesnaya, so SEMANGAT!!!,.... SEMANGAT!!!,.....SEMANGAT,!!!,........

KITA PASTI BISA....!!! KARENA KITA ADALAH PENGATUR WAKTU BUKAN WAKTU YANG MENGATUR KITA..!!!! KARENA KITA ADALAH PENGATUR PEKERJAAN BUKAN PEKERJAAN YANG MENGATUR KITA.!!!

ya segini dulu posting kali ini.... semoga teman termotivasi dan mecoba hal² kecil yang sering kita lewat kan...
"yang membuat kita tersandung adalah batu kecil, bukan gunung besar"

Hoaem... ngantuk.... he...he...he....





Bagikan


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 iPRESS. All rights resevered. Designed by Templateism